ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALLAM BELAJAR IPA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’HAD AL-ZAYTUN

Penulis

  • Akmal Arifudin Institut Agama Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Irvan Iswandi Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Dewi Utami Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61341/jis/v2i3.086

Kata Kunci:

Analisis, Berpikir kritis, Pembelajaran IPA

Abstrak

Belajar dan pembelajaran adalah dua konsep yang saling terkait dan tak terpisahkan dalam proses pendidikan. Dalam kegiatan edukatif, interaksi antara guru dan siswa menjadi kunci utama. Dalam konteks belajar IPA di Sekolah Dasar, guru perlu menggunakan model pembelajaran yang tepat untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Mahad Al-Zaytun serta upaya guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam belajar IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk memahami dan menggambarkan fenomena yang terkait dengan pembelajaran IPA. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 dan guru yang mengajar IPA dikelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Al-Zaytun. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis dalam belajar IPA berpusat pada siswa, bekerja sama, berkomunikasi, berpikir kritis dan berinovasi. Sedangkan hasil diperoleh untuk mencapai tujuan upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis diantaranya menjadi teladan yang baik dan mengintegrasikan nilai-nilai kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Annisa, S. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA. Jurnal Model Pembelajaran Problem Based Learnig, 1.

Hasna, A. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Belajar IPA. Jurnal Ilmu Sosial, 154.

Kasnadi, J. (2021). Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Strategi Pembelajaran, 2.

Magdalena, I. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI dalam pembelajaran IPA Di SDN Cipete. Jurnal Ilmu Sosial, 56.

Murti, B. (2016). Berpikir Kritis di Lingkungan Sekolah. Jurnal Seri Budaya Ilmiah, 67-69.

Nuriani, R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI pada Materi Masam Basa. 3.

Sholeh. (2016). Pendidikan dalam Al-Qur'an (Konsep Ta'lim QS. Al-Mujadalah ayat 11). Jurnal Pendidikan Al-Qur'an, 217.

Subiantoro, A. W. (2010). Pelatihan Praktikum IPA Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi , 1-2.

Sujana. (2013). Pengertian Ilmu Pengetahuan Alam dan Hakikat IPA. Jurnal Pembelajaran IPA, 11.

Sunhaji. (2014). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, Vol. II No. 2, 34.

Yesnain. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Eksperimen Sifat Cahaya. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol.3.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALLAM BELAJAR IPA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’HAD AL-ZAYTUN. (2024). Journal of Islamic Studies, 2(3), 283-299. https://doi.org/10.61341/jis/v2i3.086

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 

Artikel Serupa

1-10 dari 54

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.